Perang Bad’r, Kemenangan HATI (HATI, bagian yang terlupakan …3)

Assalamualikum wr wb…

Saya ndak akan pernah lelah, ndak kan pernah berhenti, terus…, akan jelaskan mana AKAL dan mana HATI, sampai ada kefahaman, titik temu, Rasulullah SAW dulu dilempari batu, kotoran unta, setiap pagi Beliau berangkat dgn pakaian bersih tetapi pulang dgn pakaian kotor dan kadang berlumuran darah. dan saya… ? toh cuma dilempari omelan…

Terus membuat trekbek dengan postingan bertopik HATI dan AKAL dgn agorsiloku, yudhipras , antobilang, bu Evy, irdix termasuk Raja Iblis, joerig cantieq, Death Berry dan tak ketinggalan mahasiswa gantenk dan siapa saja yg mau membangun diskusi tentang HATI dan AKAL.

Perang Bad’r, Kaum Muslimin yang terdiri dari 313 Sahabat R.hum dengan persenjataan minim, perbekalan makanan minim, secara AKAL tak akan menang melawan 1.000 pasukan QURAISY dengan persenjataan lengkap dan perbekalan makanan melimpah.

Tetapi mengapa 313 Sahabat ini meraih kemenangan, dengan AKAL mereka mestinya para sahabat r.hum itu pulang dulu ke Madinah untuk mencari bantuan, atau kalo mereka mikir pake Otak, mereka mestinya mundur karena kekuatan ndak imbang, tetapi mereka tidak lakukan itu?

Ini adalah sebuah jawaban tentang Kekuatan HATI, ketika Hati telah dipenuhi dengan KEYAKINAN, Keyakinan yang sempurna kepada TUHAN, ALLAH AZZA WAJALLA, jumlah yg besar bukan lah lawan yang berarti, dan AKAL dibuang jauh-jauh.

43 pemikiran pada “Perang Bad’r, Kemenangan HATI (HATI, bagian yang terlupakan …3)

  1. banner ustadz blog itu kayanya pernah liat deh.eh eh.. ngomong2 nih,udah minta ijin belom tuh sama yang bikin banner ?.hihihi.. klo maen asal comot gitu dosa loooh.kan sama aja ama nyolong.hihihi…

  2. sama dengan no. 3 ga ngerti

    Ya kalo bisa ngasih artikel itu jangan setengah2 sampe tuntas donk pak de Somad, jadi aku yang minim dengan pengetahuan agama ini bisa mengerti dengan yang disampaikan!

  3. #xwoman
    #Death Berry
    Assalamualaikum wr wb

    313 orang dgn persenjataan lemah, perbekalan minim
    1.000 orang persenjataan kuat, perbekalan melimpah
    313 lawan 1000 menurut AKAL menang mana? pasti yg 1000 orang yg menang.
    Kenyataan yg 313 menang, kenapa?

  4. atau kalo mereka mikir pake Otak, mereka mestinya mundur karena kekuatan ndak imbang

    kalo bener2 MIKIR PAKE OTAK, jumlah ga imbang pun ga mengharuskan kita mundur. jumlah lebih sedikit bisa diakali dengan MIKIR strategi perang PAKE OTAK.

    Coba baca roman San Guo Yan Yi, deh. Lihat bagaimana pasukan Liu Bei yang lebih sedikit mengatasi armada komplit Cao Cao. Atau boleh juga baca-baca strategi perangnya Sun Tzu.

    Prajurit Islam jelas nggak mundur karena memiliki ahli strategi yang berpikir memakai otaknya. IKHTIAR DULU, WAK. TAWAKAL BELAKANGAN. MIKIR DULU, USAHA DULU, BARULAH SETELAH ITU KITA PASRAHKAN SEMUANYA SAMA YANG DI ATAS.

    313 lawan 1000 menurut AKAL menang mana? pasti yg 1000 orang yg menang.

    belum tentu. tergantung strateginya gimana. Kata-kata Sun Tzu yang paling saya ingat adalah: “Seorang pemenang adalah seorang yang mengetahui kekuatan diri sendiri, kelemahan lawan, dan situasi medan”. 🙂

    Saran buat Wak: Lebih banyak melihat dunia luar ya, Wak. lebih banyak latihan berimajinasi juga

  5. #sitampan…
    Dalam perang Bad’r itu diturunkan 3.000 malaikat dari langit, membantu Kaum Muslimin.
    Bantuan ini ALLAH turunkan karena KEYAKINAN yang sempurna kepada ALLAH (Tuhan Yang kita sembah) dalam HATI Rasulullah Saw dan para Sahabat waktu itu.
    Kemenangan ini bukan karena Strategi.Tetapi Karena KEYAKINAN dengan menomorduakan AKAL.
    Dan Kemenangan ini adalah pelajaran Keyakinan (KEIMANAN) bagi kita bahwa ALLAH itu HEBAT, KUAT, MAHA.

  6. #sitampan…(mosok sich he he)
    Dalam Perang HUNAIN pasukan Islam 10.000, dikalah kan oleh jumlah kecil kaum kafir, karena HATI mereka tak yakin lagi kepadaALLAH tapi yakin pada jumlah besar, maka ALLAH beri mereka kekalahan.

    Jangan banyak baca cerita bohong, jadi mahasiswa baca cerita yang masuk AKAL..!?, roman-roman begituan itu bohong semua. Kalo cerita Nabi, Rasulullah Saw, Sahabat Rasul, ini cerita beneran dan ada dalam Al-QURAN.

  7. waduh…cerita bohong? ada bukti, referensi, atau literatur yang bilang kalo itu bohong? antum ga tau ya kalo roman sam kok itu cerita sejarah?😛 makanya, banyak2 melihat dunia luar

    tau juga ga kalo sun tzu itu juga pernah bener2 ada?

    perang hunain, ya? secara fakta, pasukan islam kalah karena mereka melecehkan dan tidak mengindahkan strategi perang dari Nabi sendiri yang memerintahkan mereka untuk tidak meninggalkan posnya.

    wak, saya bakal tetap ngeyel sama wak, kok. islam itu logis, menurut saya🙂 jadi nggak usah repot2 kirim komen atau trackback ke blog saya lagi ya. saya bakal ngeyel terus soale

  8. #joesatch
    #Fourtynine
    Assalamualikum wr wb
    dibanding dgn kisah legenda Sam Kok.
    Kuat mana bukti kebenaran nya dengan Kisah-kisah Nabi, Kisah Kisah Rasulullah Saw, Kisah Sahabat Abu Bakar r.a, Kisah Umar bin Khattab dan Sahabat-sahabat lainnya.

    Mengaku berfikiran logis, tetapi mencari referensi dari sumber yg tak logis?

    Logis mana cerita dalam Al-QURAN di banding cerita Novel?

  9. Assalamu’alaikum
    Maaf, mas. Saya kok kurang sreg dengan pendapat AKAL DIBUANG JAUH-JAUH.
    Akal,hati dan nafsu tidak bisa dibuang,justru diberdayakan. Apakah tujuan puasa? Salah satunya agar kita bisa membuang nafsu. Kalau nafsu tidak ada, manusia tidak akan maju, manusia tidak akan beranak pinak.
    Karena itu,fungsi akal adalah untuk mengendalikan nafsu,memilah mana yang baik dan benar. Kalau hati hubungannya dengan keyakinan/iman.

  10. Soal perang badar, yang saya tahu,memang kaum muslimin dibantu malaikat. Justru karena dibantu malaikat dan juga kehendak Alloh serta atas doa Nabi, masuk akal kalau kaum muslimin menang.
    Apakah malaikat itu ada? Nah,kalau ini urusan hati. Orang yang beriman percaya kalau malaikat ada.

  11. Assalamualaikum wr wb

    Madsyair

    Maaf, mas. Saya kok kurang sreg dengan pendapat AKAL DIBUANG JAUH-JAUH.

    Kalau waktu itu Para Sahabat Rasulullah saw menggunakan AKAL, mereka ndak akan jadi perang, mereka cenderung pulang, karena secara AKAL kekuatan gak Imbang. 313 lawan 1000
    Tetapi waktu itu mereka membuang AKAL, menafikan teori, mereka menggunakan HATI, Menggunakan YAKIN, Menggunakan IMAN.

  12. hati dan akal bagian dr manusia wak, fisik itu cuman tempat aja wadah, tapi bening jd apa yang terpancar ya dr isinya.. jangan bosen bikin postingan hati dan akal tapi yg nyambung ya

  13. Waduh, orang udah jelas2 di qur’an n hadits disuruh mikir ko malah mbuang jauh2 akal…hehehe

    Ada saatnya akal/otak dipake n ada saatnya hati/keyakinan diprioritas.

    Sekarang kalo make hati/keyakinan, kenapa banyak umat muslim yg hidup miskin? apa mereka g berjuang di jalan yg halal? ataw kurang usaha? ataw kurang yakin?
    Tentara palestina terus “tertindas” ma tentara musuh? apa mereka (mujahidin) palestina berjuang g pake keyakinan akan pertolongan Allah?

    Berani ikutan Fear Factor versi ane g?
    Ente boleh nyoba pake bambu runcing trus ente ntar kita rame2 kirim dah ke palestina / irak bwt bantu perang sodara2 kita di sana. nah trus pas ada tank musuh lewat (1 tank aja y), maju aja sambil ngacungin bambu kuning ngadepin tu tank, n g usah ajak2 pejuang laennya, isi tank paling cuma 2 – 3 orang. persis seperti bandingan tentara muslim n musuh pas perang badar 1 : 3. Keyakinan ente, ane yakin udah t o p b g t dah, ane g ragu lagi. N kalo bener kaya yg ente bilang, keyakinan ente bisa nolong tanpa gunain akal, ntar kabarin ke blog ni lagi kalo ente bisa pulang selamet y :p

    Agama = Akal + Hati + Nafsu

  14. lagian akh, islam itu bukan agama yang mendoktrin pemeluknya. udah baca buku “ternyata akhirat tidak kekal” ato “pusaran energi ka`bah” gak ?. ternyata semua yang diperintahkan oleh Allah dan di praktekkan RasulNya bisa dijelaskan dengan akal kok, yang akhirnya menggiring banyak manusia untuk kembli ke fitrahnya, yaitu penghambaan total hanya kepada Allah. gimana akh ?

  15. Assalamualaikum wr wb
    #Kaezzar
    Kita sekarang sedang dilanda krisis, krisis Keyakinan, kita terlalu yakin pada makhluk.. yakin pada senjata, yakin pada kekuatan jumlah, yakin menurut analisa otak, kita kurang yakin pada hati nurani, kita tidak yakin pada janji ALLAH..

    Soal Fear Factor? sudah baca dalam AL-QURAN kisah Nabi Musa a.s? atau Nabi Ibrahim a.s? atau Nabi Daud a.s?
    Nabi Musa A.s dulu cuma sendirian, cuma butuh 1 (satu) tongkat biasa, untuk melawan firaun dan bala tentaranya

    Untuk kita sekarang, betulkan dulu (perbaiki) keyakinan kita pada ALLAH, kalau keyakinan kita sudah betul, IMAN kita SEMPURNA, mau bambu runcing, mau bambu tidak runcing, seribu musuh, atau seribu TANK pun bukan lawan berarti…

  16. Assalamualaikum wr wb
    #Arum
    Saya cuma hobby baca AL-QURAN dan Kisah para Sahabat Rasulullah a.s, buku-buku lain kalau sumber nya bukan dari AL-QURAN atau Al-HADITS kurang menarik perhatian saya

  17. @Wak Somad

    >>Untuk kita sekarang, betulkan dulu (perbaiki) keyakinan kita pada >>ALLAH, kalau keyakinan kita sudah betul, IMAN kita SEMPURNA, >>mau bambu runcing, mau bambu tidak runcing, seribu musuh, >>atau seribu TANK pun bukan lawan berarti…

    Apa benar Allah cuma mau menolong mereka yg imannya sempurna?
    Allah tetap memberikan rezeki harta pada mereka yg tidak beriman…kenapa?
    Karena mereka berusaha juga wak, mereka punya ikhtiar !

    Pernah liat umat Islam yg walopun udah rajin ibadah n kerja keras tapi mereka tetep aja hidup susah?

    Masalah keyakinan kah? bukan kan?!

    Kalau pertolongan Allah untuk nabiNya jelas tidak perlu diperdebatkan, statusnya sudah jelas…

    Apa dulu rasul g pernah terluka dalam perang?
    Apa Rasul dulu lupa berdoa untuk memohon perlindungan Allah
    ketika beliau terluka?

    Tapi bagaimana dengan kita yg makhluk “biasa” ini?
    Apa Hamzah kurang beriman sehingga ia bisa terbunuh?

    Lalu bagaimana dgn org biasa?
    Okelah g usah ikut fear factor versi saya krn saya yakin logika
    wak somad juga pasti nentang kalo wak somad bisa menang :p

    Wak, pertanyaan apakah umat Islam bisa menang seandainya Allah tidak megirim bantuan sebenarnya sudah ada jawabannya secara implisit di kisah itu
    Kalau tanpa bantuan dari Allah, umat Islam sudah bisa menang, untuk apa Allah menurunkan sampai 3000 malaikat ke bumi?
    Buktinya dalam perang2 lain yg Allah tahu bahwa umat muslim
    akan menang, tidak pernah ada 3000 malaikat lagi yg turun kan???
    Lalu bagaimana kejadian 10.000 tentara kalah?
    Itu jelas swekali dapat dijelaskan oleh akal
    Umat muslim sebegitu sombongnya dgn kekuatan mereka, pada akhirnya mereka terjebak oleh lawan bukan?

    trus kenapa kaum kafir bisa menang?
    ya, mereka juga berusaha, pake taktik, strategi…mereka pake akal…!

    Allah tahu kalau wak somad g kerja, wak somad g akan dapet
    duit…makanya wak somad diberi akal utk digunakan utk
    belajar dan bekerja mencari nafkah
    Kalau hanya dengan keyakinan wak somad (dan kita) bisa tetap hidup…survive, beragama, dll
    wak somad (dan kita) mungkin ga akan dikasi akal…krn bwt apa dikasi akal tapi sia2 g pernag digunain, iya ngaa?!

    lalu apa fungsi akal kalau hanya dengan keyakinan manusia selamat dunia akhirat?????????????
    lalu kenapa di Quran kita jelas2 diperintahkan untuk berpikir????????????

    gmn wak?

    wassalam
    Aldie

    Agama = Akal + Hati + Nafsu

  18. Assalamualikum wr wb
    @Aldie
    Saya suka ulasan anda
    Ayat-ayat dalam AL-QURAN hampir 70% adalah kisah-kisah KEYAKINAN para Nabi, para Ambiya.
    Maksud ALLAH mem”POSTING” kisah tersebut adalah untuk memberi semangat kepada Nabi Muhammad SAW, dan kita semua ummatnya (Ummat Rasulullah SAW), bagaimana cara menghadapi hidup…
    Ingat Kisah Nabi Ibrahim a.s ketika akan dibakar oleh Raja Namrud…?
    Menjelang Detik Detik beliau dilemparkan ke dalam api, Malaikat datang menawarkan bantuan, tetapi beliau tolak, beliau hanya berharap bantuan dari ALLAH, TUHAN nya, TUHAN kita, TUHAN Nabi Muhammad SAW…
    Itu adalah bentuk KUAT nya KEYAKINAN kepada ALLAH.
    KIsah-kiah itu diceritakan ALLAH dalam AL-QURAN untuk contoh buat kita, agar memiliki keyakinan, IMAN, seteguh para Nabi itu…

    Apa benar Allah cuma mau menolong mereka yg imannya sempurna?
    Allah tetap memberikan rezeki harta pada mereka yg tidak beriman…kenapa?
    Karena mereka berusaha juga wak, mereka punya ikhtiar !

    Rezeki dunia itu diobral oleh ALLAH, kepada semua hamba NYA, yang taat mau pun yg tidak taat, yg beriman mau pun tidak beriman, yg ber ikhtiar mau pun yg tidak ber ikhtiar, karena DUNIA ini tak ada harganya dihadapan ALLAH.
    Kalau dunia ini ada harganya, tak kan lebih mahal dari harga sebelah sayap nyamuk, kalau dunia ini ada harganya maka orang KAFIR tak akan mendapat bagian walaupun cuma seteguk air.

    Lalu bagaimana kejadian 10.000 tentara kalah?
    Itu jelas swekali dapat dijelaskan oleh akal
    Umat muslim sebegitu sombongnya dgn kekuatan mereka, pada akhirnya mereka terjebak oleh lawan bukan?

    antum sudah menjawab dengan keyakinan, bisa kah sombong dikategorikan sebagai MATERIAL ?

    Allah tahu kalau wak somad g kerja, wak somad g akan dapet
    duit…makanya wak somad diberi akal utk digunakan utk
    belajar dan bekerja mencari nafkah
    Kalau hanya dengan keyakinan wak somad (dan kita) bisa tetap hidup…survive, beragama, dll
    wak somad (dan kita) mungkin ga akan dikasi akal…krn bwt apa dikasi akal tapi sia2 g pernag digunain, iya ngaa?!

    saya tanya? apakah sampai tamat SMA antum bekerja? ikhtiar? apakah rezeki yg antum dapat dari kecil, bayi, sampai antum tamat SMA didapat karena antum ikhtiar? kerja?
    Dan saya …, kami sekeluarga …. memperoleh rezeki bukan karena ikhtiar, tetapi karena kasih sayang ALLAH

  19. Rezeki dunia diobral?
    Wah, wak sendiri kan liat di sana sini masih banyak orang yg kurang mampu…gimana bisa wak bilang rezeki dunia diobral?
    Kalo rezeki dunia itu diobral, g akan ada org yg mati kelaparan di dunia ini wak hehe
    So, apakah benar rezeki yang didapat oleh manusia semata2 karena Rahmat Allah?
    Saya jawab YA!!!
    Tapi apakah tanpa usaha, seseorang bisa mendapatkan kasih sayang Allah???

    -Kalau kalian mendekatiKu dengan berjalan, maka Aku akan mendekat dengan berlari………..
    -Allah g akan mengubah nasib suatu kaum sampai kaum itu sendiri yang mengubahnya bukan?

    Apakah Allah akan mendekat jika kita tidak berusaha mendekatinya?
    Apa Allah akan mengubah nasih kita kalau kita diam saja?

    Apakah kalau ada org yang tidak mempunyai uang namun ibadahnya sangat taat, bisa mendapatkan uang TANPA dia melakukan usaha??? tanpa bekerja dan berusaha sedikitpun, hanya beribadah sepanjang hari saja, apa seseorang bisa selamat hidup 1 bulan???
    Wak, bahkan kekasih Allah yang sudah sangat Allah cintai pun, masih sempat merasakan hidup miskin sampai2 ia tidak mempunyai uang yang cukup untuk membelikan mahar yang pantas kepada calon istrinya…Apakah Allah kurang mencintai Rasulnya, Muhammad??? Apakah Muhammad kurang mencintai Allah atau keimananya begitu rendah sampai Allah memberikannya kehidupan ekonomi yang sulit sampai sebelum beliau bertemu Khadijah???
    Hati2…jgn salah mengambil kesimpulan di sini,

    USAHA + IKHTIAR tidak menjamin KAYA
    KAYA belum tentu karena USAHA + IKHTIAR

    So, kalo ada org miskin usaha + ikhtiar, dia juga TIDAK DIJAMIN KAYA.
    TAPI jika dia tidak USAHA + IKHTIAR, 99% dia akan tetap MISKIN

    Nah kalo masih g percaya, wak boleh coba sendiri hehehe
    G usah kerja, ibadah terus plus berdoa…99% wak g akan selamat hidup sebulan hehehe
    FEAR FACTOR EPISODE 2….berani coba? :p

    Wah, dunia itu berharga loh wak hehehe
    Kalo ngga, kenapa juga dunia itu diciptakan?
    Bukankah Allah g pernah menciptakan sesuatu yang sia2, a.k.a tidak berharga???
    Bahkan Allah menciptakan dunia ini g dalam sekejap.
    Nah, trus hubungannya?
    Udah jelas kalo Allah yang sangat sangat bisa nyiptain sesuatu dgn sekejap mata, ngapain Allah nyiptain sesuatu yang g berharga pake lama2 pula hehehe…tanya kenapa?
    Benarkah dunia tidak berharga?
    Dunia, alam semesta, manusia…semua masuk ke dalam Al Qur’an…apakah sesuatu yang tidak berharga, pantas untuk masuk di Qur’an???
    Segala yang terkandung di Qur’an tidaklah sia2
    1 lagi…Kalau dunia itu tidak berharga, kenapa Allah kirimkan seorang makhluk mulia, kekasih Allah tercinta, dan junjungan umat manusia ini…Rasul Allah Muhammad, untuk turun ke dunia ini???

    Apakah di dalam keyakinan tidak ada akal???
    Saya yakin Allah adalah Maha pemberi rizki (Keyakinan)
    Karena itu saya berusaha dan juga ibadah mencari pekerjaan (Akal)
    ——–
    Saya dapet rizki? alhamdulillah…tyt usaha dan doa saya didengar
    Saya belum dapat rizki? Allah punya rencana lain🙂

    Masih ingat kisah sahabat yang meninggalkan untanya dalam keadaan tidak terikat lalu Rasul melarangnya?
    Itu sudah jelas membuktikan kalau ada akal di dalam keyakinan.

    Wassalam

  20. Wa’alaikumsalam

    Yups, saya menjawab itu semua dengan YKIN karena memang semua berjalan sesuai AKAL
    But, jangan tanya penjelasan akal mengenai mukjizat ataw kejadian yang berhubungan dengan Nabi ataw Rasul, koz mereka itu Manusia yang diberikan kelebihan oleh Allah.

    Agama = Akal + Hati + Nafsu🙂

    Wassalam

  21. @Kaezzar
    Assalamualaikum
    Manusia pun bisa punya muzizat seperti para nabi, apabila memiliki YAKIN yang sempurna seperti para nabi.

    Yang jadi masalah, bagaimana caranya agar mendapatkan YAKIN yang sempurna, IMAN yang betul seperti IMAN para nabi

    Ada tawaran solusi…????

  22. Wa’alaikumsalam…

    Solusi?
    Wah mungkin lebih ke opini kali ya wak…hehe

    Mukjizat bwt kita? Kayanya g bisa deh wak, mukjizat kan emang kekhususan para Rasul/Nabi…jadi bukan bwt manusia biasa kaya kita ini

    Mau jadi kaya Rasul?
    Penyucian hati di gua Hira mustahil terjadi lagi wak…hehe
    Kalo bisa sampe ada manusia yg semulia Rasul, tentunya di akhirat dia dan Rasul akan dipanggil bareng oleh Allah, tapi kenyataannya, cuma Rasul kan…kesimpulannya, yg lain g ada yg menyamai Rasul😀

    Kalau mau menjadi lebih baik, menurut saya,
    Akal + Hati + Nafsu ….
    Yup…satukan akal, hati dan nafsu yg kita miliki
    3 potensi lengkap, yg cuma Allah kasih ke makhluknya yg disebut manusia…
    Satukan semua di bawah bendera Islam…done! n_n
    Pake akal?
    Jelas! Allah udh kasi kita potensi yg cuma dimiliki oleh manusia
    Pasti ada maksudnya dan kegunaannya….bahkan sampai membuat para malaikat bersujud bukan…?
    Tapi seberapa besar penggunannya?
    Sesuaikan kebutuhan…
    Adakalanya ia di atas hati, adakalanya dia di bawah hati…

    Gimana menurut wak?

    Wassalam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s